MENGENAL
TAMPILAN DAN LEMBAR KERJA
MICROSOFT
EXCEL 2010
Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan berbagai data. Excel
adalah software pengolah data yang memiliki banyak perintah pendukung
untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa disebut sebagai
program spreadsheet dimana tiap-tiap data dapat anda sisipkan
pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah
kerja seorang manajer karena beberapa perintah pendukungnya telah
disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu fungsi apa
saja yang ada di Excel 2010.
Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:
Gambar 1. Tampilan Workbook Excel 2010
1.
Tab
Ribbon, berisi groups-groups yang
didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang
terdapat dalam Excel antara lain:
Ø Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel,
seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
Ø Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
Ø Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek
seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan
sebagainya.
Ø Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk
pengaturan halaman.
Ø Tab Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan
fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam Excel.
Ø Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter
dan Import data dari program atau aplikasi lain.
Ø Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan
worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan
komentar, serta proteksi data dan workbook.
Ø Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook
Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2. Groups, adalah
bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab.
3. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol
perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan
tombol Redo.
4. Tombol Dialog, yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk
membuka kotak dialog.
5. Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup
tampilan worksheet dokumen Excel.
6. Tab Sheet, merupakan kartu yang
menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja
yang digunakan untuk menampung dan mengolah data.
7. Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk
berpindah antar sheet yang sedang aktif.
8. Zoom Level, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang
mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja.
Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris.Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi
sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom
XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. Agar lebih
jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian pada worksheet 2010 berikut
ini:
1. Sel, merupakan perpotongan antara
kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari
perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan
kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet.
3. Select
Sel, digunakan untuk memilih semua sel dalam satu worksheet.
4. Name Box, adalah
suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam
Excel.
5. Tab Split, merupakan tuas pemisah
yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser
tuas split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang
penggulung horizontal.
6. Formula Bar, merupakan
kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah.

mantap mu'amar udah memberi materi blog'a
BalasHapus